Bila Gigi Bungsu Bermasalah

*Ketika gigi bungsu Anda tumbuh, rasa sakit yang muncul biasanya membuat Anda uring-uringan. Sakit ini disebabkan oleh gigi bungsu yang menyeruak tumbuh menembus gusi. Beberapa orang bahkan sampai mengalami demam (tapi ada juga yang tidak merasakan apa-apa).

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang terakhir tumbuh. Umumnya ia baru muncul ketika Anda berumur 16 tahun keatas. Jumlahnya seringkali ada empat, dua di atas dan dua di bawah, kiri-kanan ( variatif ).

Posisi gigi bungsu ini bervariasi. Ada yang tumbuh tapi tidak muncul di permukaan gusi, ada juga yang tumbuh tapi sebagian. Ada pula yang tumbuh, tetapi posisinya tidak sebaik gigi-gigi lainnya. Adapula yang mengarah ke lidah atau ke pipi.

Ketika gigi ini tumbuh, rahang terasa bengkak dan sakit, kadang menyakitkan bila disentuh. Kadang malah menyakitkan untuk makan dan minum. Bila gigi ini tumbuh dengan posisi miring, satu-satunya perawatan yang direkomendasikan adalah ekstraksi gigi bungsu, atau dalam istilah kedokteran gigi dikenal dengan odontectomy.

Dalam prosedur ekstraksi gigi ini, pembedahan diperlukan karena gigi masih terjebak di bawah garis gusi. Oleh karena itu, dokter gigi akan perlu untuk memotong dan mengangkat gusi, dan dalam beberapa kasus memotong beberapa tulang rahang untuk mencapai dan menghapus gigi.

Berikut beberapa tips setelah prosedur ekstraksi gigi bungsu:

1. Kapas/kasa yang digigit setelah ekstraksi jangan dilepas minimal 2 jam setelahnya. Sebab ia berfungsi untuk menyerap darah yang masih keluar setelah ekstraksi.

2. Disarankan untuk minum air dingin atau makan es krim.

3. Beberapa hari pertama, makan makanan yang lembut dengan hati-hati agar tidak merusak jahitan di gusi.

4. Jangan merokok dan minum alkohol.

5. Hindari daerah operasi saat menyikat gigi, untuk beberapa hari. Bila perlu, kombinasikan sikat gigi dan obat kumur untuk hasil terbaik.

Prosedur ekstraksi gigi bungsu adalah prosedur yang sangat umum dan komplikasi serius jarang terjadi. Jika gusi Anda terus berdarah atau jika rasa sakit di rahang Anda tidak mereda setelah beberapa minggu, segeralah kontak dokter Anda.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter gigi jika merasa tidak sehat atau suhu badan tinggi.

Add new comment

Type the characters you see in this picture. (verify using audio)
Type the characters you see in the picture above; if you can't read them, submit the form and a new image will be generated. Not case sensitive.